Cara Reset Handphone Samsung / Hard Reset Semua Tipe

  • Whatsapp
No votes yet.
Please wait...

Ada kalanya Anda perlu melakukan reset pada handphone Samsung misalnya karena adanya aplikasi baru yang tidak sesuai, terlalu banyak sampah hingga membuat hang atau bahkan karena akan menjual perangkat tersebut. Ya, tak ada salahnya Anda mengetahui cara reset handphone Samsung ataupun merek lainnya, mengingat cara ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat.

cara reset handphone samsung

Pilihan Cara Melakukan Reset Sesuai Kondisi Handphone

Ada pula beberapa pengguna yang melakukan cara reset handphone Samsung saat akan melakukan pembaruan OS agar sistem yang terinstal benar-benar bersih terbebas dari masalah kompatibilitas aplikasi. Reset sendiri merupakan langkah untuk membuat software handphone kembali ke keadaan awal, tanpa ada tambahan aplikasi di luar yang dibawakan oleh pabrikan dan OS sendiri.

Nah, untuk melakukan reset pada handphone Samsung dan merek lain, Anda bisa memilih diantara ketiga metode sesuai dengan kondisi HP saat ini. Ketiga cara ini dibedakan esuai kondisinya antara lain saat HP masih bisa dioperasikan sebagaimana biasanya dan saat HP dalam kondisi bootloop (restart berulang-ulang dan tidak bisa masuk ke tampilan sistem.

cara reset handphone samsung
Cara Hard Reset Samsung

Untuk melakukan reset dari setting, langkah yang bisa Anda lakukan mulai dari;

  1. Masuk ke Setting/Pengaturan, pilih Backup & Reset
  2. Pilih opsi Factory Data Reset
  3. Lalu centang pada data yang ingin dicadangkan, misalnya berikan ceklist pada Back Up My Data untuk mencadangkan data pribadi sehingga data tersebut bisa dipulihkan kembali. Atau opsi lain Erase Everything untuk menghapus semua data misalnya pada saat akan menjual handphone.
  4. Lanjutkan dengan pilih Factory Data Reset untuk melakukan proses reset.

Pada handphone Samsung, Anda juga bisa melakukan reset melalui Kode USSD yang bisa Anda input dari Dial Pad (panggilan). Kode ini menggunakan kombinasi * (bintang), angka dan # (pagar) yaitu

  1. Masuk ke aplikasi telepon atau klik ikon aplikasi panggilan untuk menampilkan papan nomor
  2. Lalu input kode *2767*3855# dan diakhiri dengan tombol Call (panggil) atau OK
  3. Berikutnya handphone Samsung akan memulai proses reset secara otomatis.

Cara berikutnya ada melalui kombinasi tombol fisik yang ada pada handphone. Cara ini biasanya digunakan jika ada masalah pada sistem sehingga tidak dapat menampilkan OS seperti biasanya. Selain digunakan pada handphone merek Samsung, Anda juga bisa melakukannya pada ponsel dari brand lain. Namun karena tombol fisik yang dimiliki berbeda, maka kombinasi yang diperlukan pun juga bisa berbeda pada setiap brand.

  1. Pastikan handphone berada dalam kondisi mati dengan cara melepas baterai (untuk model dengan baterai yang bisa dilepas), menekan tombol power selama 30 detik (untuk model yang menggunakan baterai tanam)
  2. Selanjutnya tekan tahan tombol volume bawah (-) dan tombol Home, lakukan secara bersamaan.
  3. Sambil menahan kedua tombol tersebut, tekan tombol Power dan tetap tahan selama 3 – 10 detik saja, lalu hanya lepas tombol Power saja.
  4. Tunggu beberapa saat, ponsel akan menampilkan menu Recovery
  5. Nah, di menu ini, Anda hanya bisa menggunakan tombol fisik saja seperti tombol volume untuk menggerakkan pilihan ke atas (+) dan ke bawah (-) serta tombol Power untuk konfirmasi pilihan.
  6. Dalam menu sederhana tersebut, pilih opsi Wipe Data/Factory Reset lalu konfirmasi dengan menekan tombol Power
  7. Terakhir pilih Yes dan Delete All Data.
  8. Setelah proses reset selesai, Anda bisa kembali ke tampilan awal menu Recovery dan memilih Reboot System Now untuk menyalakan handphone.

Demikianlah cara reset handphone Samsung yang bisa saja sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat Anda. Ingat untuk selalu mencadangkan data secara berkala untuk menghindari risiko kehilangan data berharga. Semoga bermanfaat.

No votes yet.
Please wait...

Related posts